Jumat, 02 Maret 2018

File Manager Pada MIUI 9.2 Xioami


File Manager Pada MIUI 9.2 Xioami

File manager merupakan sebuah aplikasi berkas dari android meskipun aplikasi ini bisa kita download dari play store sejatinya aplikasi ini sudah diusung secara langsung oleh previdor yang memproduksi android tersebut. Meski memiliki perbedaan dan perbedaan tetapi fungsi dan kegunaan aplikasi hampir-hampir sama untuk semua android dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan pada aplikasi masing-masing.

Misalnya seperti android xiaomi tentunnya tidak asing lagi. Karena memang smartphone ini menjadi unggulan dalam dunia smartphone. Namun pada update terbarunya yaitu miui 9.2 xiaomi telah merelis sebuah update terbarunya yaitu "File Manager" sebuah aplikasi unggulan untuk pengaguran berkas.

1. Tampilan Awal
Ketika aplikasi ini dibuka maka kita akan melihat sebuah tampilan terbaru dari sistem yang sebelumnya. Antar muka yang dihadirkan adalah pada menu "Recent" yaitu dimana tampilan yang menunjukan pada pengaksesan data terakhir seperti tambahan data file, images, audio atau video. Tampilan disini hanya menujukan data-data file terakhir saja dalam bentuk penambahan file-file yang di download dari berbagai media.


Dan jika kita gulirkan kebawah lagi maka kita akan melihat bagian yang dipilah-pilah dengan sub folder bagian mana file-file tersebut disimpan seperti whatsapp, dcim, facebook dan sub folder lainnya.

2. Kategory File
Dan jika menggeserkan pada bagian kategory ini tentunya kita akan melihat interface yang sudah dikategoey oleh sistem. Dimana file-file yang sudah beradaptasi dalam berkas smartphone dijadika satu keseluruhan oleh sistem file manager. Misalnya seperti yang terdapat dalam ketegory "Videos, Docs, Images, Music, Apks dan Archives(zip)". Di dalam folder-folder tersebut terdapat file-file yang kategorynya sama. Jika kita buka folder images maka akan ditampilkan seluruh berkas images yang ada didalam android begitu juga dengan berkas file-file lainnya.


Dan jika kita gulirkan kebawah lagi bagian folders & images maka kita akan melihat folder-folder dasar sumber file yang tersimpan tersebut seperti folder download, documents, whatsapp, facebook dan lainnya berbagai sumber folder yang kita jadikan tempat penyimpanan berkas.

3. Size dan Folder
Size dan Folder ini berfungsi untuk kita melihat kapasitas size memory yang tersimpan di dalamnya baik itu phone memory (Store) dan Memory Card (SD Card) dan info pemakaian.


Phone Memory (Store)
Ini merupakan folder dimana kita bisa melihat isi pemakaian keseluruhan sisa size yang digunakan oleh sistem dan pemakaian size untuk penyimpanan file yang terdiri dari music, video, images, documents dan lainnya akan di tampilkan secara detail.


Memory Card (SD Card)
Info detail dari seluruh penggunaan size untuk menyimpan seluruh file-file di ponsel pintar anda. Sebenarnya ini sama saja seperti store pada dijelaskan diatas. Namun informasi memory card ini akan tampil jika kita menyisipkan card memory di dalam semartphone kita.


4. Hide File and Folder
Mungkin fitur ini yang kitahui oleh pengguna kecuali mereka yang sering melakukan otak-atik berkas didalamnya. Sebenarnya fitur ini dimiliki oleh semua aplikasi explorer system namun jarang digunakan.


Untuk melakukan hide file maka kita hanya melik pendam pada bagian file yang ingin kita sembunyikan. Kemudian akan keluar notifikasi dibawahnya dan klik more kemudian pilih hide. Maka file tersebut akan hilang pada folder yang kita pilih tadi sebelumnya. Dan begitu juga proses untuk menyembunyikan folder cukup dengan klik pendam pada folder kemudian more dan hide. Setelah file dan folder tersebut kita sembunyikan namun kemana pergi file dan folder yang hilang tersebut.

5. Show File and Folder
Untuk menampilkan kembali file dan folder yang dihide kita cukup melakukan drag kebawah hingga memunculkan icon gembok diatasnya. Jika tidak bisa dengan sekali sentuh maka lakukan dua kali sentuh.


Untuk pengaturan dafultnya sistem meminta konfirmasi untuk memasukan sandi atau set password sebagai pemilik yang sah. Masukan password atau pola anda susuai dengan lock screen ponsel anda dan bisa juga anda ubah password dan sandinya kedalam bentuk lain.

Itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai cara pengunaan dan pemakaian aplikasi file manager pada miui 9 semoga bermanfaat. Terma Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net