Rabu, 01 November 2017

Memahami Konsep MVC Dalam Framework


Codeigniter merupakan sebuah framework pemgrograman yang populer sekarang ini dan banyak digunakan untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi berbasis web. Dan dalam pengembangan sistem dari codeigniter itu sendiri tidak terlepas dari struktur MVC yang terkandung di dalamnya. Maka untuk itu disini saya ingin mengupas sedikit apa itu MVC.

MVC (Model-View-Controller) adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi presentasi dan aplikasi logika. Yang maksudnya ialah mengerjakan suatu tugas masing-masing secara terpisah. Namun tetap saling berhubungan. Namun dalam prakteknya memungkinkan hanya membuat sedikit script dalam penulisan kode-kodenya php secara terstruktur.

Model bertugas mempresentasikan data Anda. Biasanya kelas model ini akan berisi fungsi script yang berhubungan dengan database seperti mengembil, mengisi, mengupdate informasi dalam database.

View adalah informasi yang disajikan kepada pengguna atau tampilan yang di tampilkan kepada pengunjung. Sebuah view biasanya akan menjadi halaman web yang di tampikan dan ini meliputi header, footer, content dan lainnya yang ingin di tampilkan seperti RSS dan sebagainya. 

Controller berfungsi sebagai perantaran antara model dan view yang maksud ialah sebagai pengontrol dari kedua fungsi model dan view dangan kata lain juga bisa disebutkan untuk menjembatani penghubung keduanya. Dan resouce lain yang membutuhkan untuk memproses request dan menghasilkan suatu halaman web.

CodeIgniter sendiri mempunyai kinerja yang sangat fleksibel serta mudah dimengerti  dan sangat efektif untuk membangun sebuah aplikasi berbasisweb kecil dan besar. Hal terpenting dalam mempelajari serta memahami apa itu framework codeigniter tentunya tidak hanya sekedar mengetahui MVC dari codeigniter itu sendiri tetapi perlu satu ketekunan serta kemauan untuk ingin belajar pemgrogramman yang kuat. Karena mengingat belajar bahasa pemrogramman sama halnya dengan belajar bahasa di kehidupan sehari-hari.

Meski MVC itu keterkaitan namun bisa saja kita memilah diantaranya dan bisa di pisah-pisahkan antara Model View dan ControllerSampai disini dulu pengertian dasar tentang MVC nanti di kesempatan selanjutnya kita akan bahas lagi mengenai pemrogramman MVC. Terima Kasih telah berkunjung semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com | BTheme.net