Kebijakan Program AdSense Google - ScriptWorks

Hot

Post Top Ad

Saturday, April 8, 2017

Kebijakan Program AdSense Google

Google AdSense merupakan program kerja sama layanan iklan Google yang sangat populer di dunia internet. Iklan-iklan ini akan di tampilkan di halaman website/blog member AdSense yang memenuhi syarat dan kebijakan dari program AdSense serta akan dibayar oleh Google dengan sistem PPC (Pay Per Clik).

Setiap dari Anggota Blogger khususnya berhak mendapatkan program layanan iklan ini karena memang Blogger tersebut merupakan spesial domain dari Google. Maka dari itu setiap dari member Blogger harus tunduk dan patuh dengan berbagai syarat serta kebijakan dari Google AdSense ini. Adapun beberapa syarat yang harus di penuhi oleh setiap memebernya seperti yang di terangkan oleh Google AdSense sebagai berikut :

1. Mempunyai Konten Asli
Sudah tentun ini merupakan pertimbangan awal dari mereka. Konten informasi yang tersedia merupakan konten asli karya sendiri bukan dari sifat bajakan dari situs lain. Memang sebenarnya boleh-boleh saja kita menggunakan konten orang lain atau dari hasil Copy - Paste dengan syarat harus mencantumkan sumber aslinya. Tetapi hal ini tidak efektif karena dapat mempengaruhi citra website/blog kita yang buruk. Sebaiknya jika ingin menyajikan konten yang sama maka ada baiknya kita edit terlebih dulu agar tidak terindentifikasi sebagai copyrigh konten.

2. Dilarang Klik Iklan Sendiri
Ketika sudah di Approv oleh Google AdSense maka iklan akan muncul di halaman website/blog kita. Maka jangan pernah sekali-sekali mencoba untuk nge-klik atau sekedar ngetes klik iklan tersebut. Jika hal tersebut tetap dilakukan maka Google akan segera memblokir anda kapan saja dan website/blog anda akan diberhentikan dalam waktu singkat. Untuk menghindari dari tindakan yang tidak sengaja nge-klik maka kita cukup menambahkan add ons browser chrome.

3. Menganjurkan Klik Iklan
Penayang atau informsi yang mengajurkan untuk mengeklik iklan. Sebenarnya ini sama saja dengan mengeklik iklan sendiri tetapi ini menganjurkan pada setiap pengunjung untuk ngeklik iklan di halaman website/blog kita. Dan lagipun dengan menerapkan metode tipuan untuk ngeklik iklan yang ada. Tentunya hal ini di larang keras oleh Google.

4. Pedoman Konten
Penayang tidak boleh menepatkan AdSense pada konten yang bersifat vulgar dan konten dewasa. Hal ini meliputi tentang kekerasan, hasutan atau menebar kebencian terhadap sesuatu atau kelompok atau diskriminasi terhadap hak-hak orang lain atau kelompok. Pedoman konten ini tentu saja tidak boleh di langgar oleh siapapun yang menjadi member dari program Google AdSense.

5. Berhak Cipta
Google AdSense melarang setiap membernya menggunkan informsi yang dilindungi undang-undang dan berhak cipta. Kecuali jika memang penayang mempunyai dasar hukum yang berlaku atau memang sang pemilik konten yang sah. Dan Google juga melarang memberikan sajian informasi yang mengarahkan pada konten yang dilindungi hak cipta. Disamping itu Google juga sangat melarang untuk menyajikan penjualan barang palsu atau duplicate mark yang berhak cipta. Maka dari itu berhati-hatilah dalam penyajian konten dalam website/blog kita.

6. Pedoman WebMaster
Menggunakan webmaster memang sangat relevan untuk meningkat SEO bagi website/blog kita. Tetapi ini juga akan menjadi penyebab website/blog kita di banned oleh Google karena tidak sesuai dengan pedoman webmaster bagi Google Adsense. Karena menepatkan kata kunci yang berlebihan atau berulang-ulang, menggunakan kata yang tidak relevan dan tidak sesuai dengan pedoman konten dalam laman website/blog.

7. Konten Perjudian
Meskipun situs ini banyak pengunjung tetapi sarana layanan informsi mengenai perjudian tidak boleh di ikut sertakan dalam program Google AdSense. Sama halnya dengan konten terlarang seperti yang disebutkan diatas tadi karena memang negara kita Indonesia melarang keras situs-situs yang berkaitan dengan perjudian. Tidak seperti negara Barat dan Eropa yang memandang perjudian itu sebagai sesuatu yang legal.

8. Privasi Perlindungan Anak-Anak
Ini merupakan layanan program undang-undang perlindungan anak-anak di seluruh dunia sesuai dengan kebijakan dari COPPA. Hal ini meliputi dengan perlindungan anak-anak dibawah umur dan jika memang konten informasi yang disajikan sesuai dengan tujuan untuk anak-anak maka penayang dapat melaporkan pada Google melalui program Google Webmaster.

9. Privasi
Privasi ini meliputi cara penggunaan pengumpulan informasi yang dikumpulkan maka penayang layanan informasi harus menginformsikan secara jelas tentang bagaimana cara pengumpulan informasi dari pengguna dan penggunaan data pribadi dari sang pengunjung. Jika sahabat menggunakan blogspot besutan Google maka bisa kita lihat sendiri di penayangan privasi di halaman Google.

10. Penepatan Iklan
Penepatan iklan ini diberlakukan oleh Google supaya tidak terjadinya penepatan iklan yang tidak relevan. Menepatakan unit iklan yang baik dan benar juga dapat menaikan prestasi website/blog sehingga tidak nampak iklan yang semberaut rata sudut yang membuat bingung sang pengunjung.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara penepatan unit iklan ini bisa kita lihat di halaman kebijakan Google AdSense.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad